FWH Banten 2017

Banten merupakan salah satu Provinsi yang ditawarkan untuk menjadi Destinasi Wisata Halal di Indonesia. Hal ini berdasarkan kesiapan sumber daya manusia, kultur masyarakat setempat, produk-produk wisata daerah, akomodasi wisata, kawasan wisata sejarah, wisata ziarah, dan kawasan wisata pesisir. Konsep Wisata halal merupakan konsep baru dalam Pariwisata. Walaupun demikian, konsep ini mampu memberikan dampak positif untuk memberikan kenyamanan bagi wisatawan muslim lokal dan mancanegera serta dapat meningkatkan Pendapatan Daerah Provinsi Banten termasuk Pemerintah Daerah yang berada dalam Provinsi Banten, seperti Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Serang, Kabupaten Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak.

Festival Wisata Halal Banten 2017 yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh STES Islamic Village bertujuan untuk dapat ikut andil dalam mendukung, mendorong dan mempromosikan Provinsi Banten menjadi salah satu Destinasi Wisata Halal di Indonesia bahkan menjadi salah satu Destinasi Wisata Halal Dunia. Selain itu, acara Festival Wisata Halal Banten 2017 juga akan mendorong Pemerintah Provinsi Banten untuk memberikan perhatian khusus terhadap berbagai kawasan wisata religi, wisata strategis, hotel halal, kuliner halal bahkan fashion halal serta ekonomi kreatif berbasis kerakyatan yang frendly terhadap wisatawan Muslim.

Festival Wisata Halal Banten 2017 akan disemarakkan berbagai macam kegiatan, seperti Talk Show Wisata Halal, Bazzar Kuliner Halal, Lomba Desain Hotel dan Kawasan Wisata Halal, Lomba Menulis Konsep Wisata Halal, Sertifikasi Halal UMKM, Halal Cooking Competition, Marawis Competiton dan Lomba Duta Wisata Halal. Oleh karenanya, Festival Wisata Halal Banten 2017 diselenggarakan oleh STES Islamic Village bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata, Pemerintah Provinsi Banten, Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota, Pakar Wisata Halal, seperti MUI Pusat (Majelis Ulama Indonesia), Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Indonesia Halal Lifestyle Center (IHLC), Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Banten, Jaringan Pengusaha Muslim Indonesia Banten (JPMI-Banten).

 

Waktu, Tempat dan Bentuk Kegiatan

Festival Wisata Halal akan dilaksanakan pada:

Hari                 :  Jumat, Sabtu dan Minggu

Tanggal            :  12 – 14 Mei 2017

Tempat : Islamic Village Education Area, Islamic Raya, Kelapa Dua  Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Telp. 021-5464165, Email: festivalwisatahalalbanten@gmail.com

Acara ini akan terbagi dalam beberapa kegiatan, yaitu Talk Show, Bazzar atau Pameran, dan Perlombaan. Selain sesi Seminar, Festival ini juga menyediakan ruang pameran bisnis bagi para peserta individu maupun perusahaan serta pengunjung untuk menjadi inspirator atau mencari mitra bisnis dan sebagainya. Bentuk kegiatan berupa:

Konser Bersama Opick

Talk Show

Menampilkan Public Speaker sebagai pembicara yang berkompeten dalam bidang Wisata Halal;

  1. Menteri Pariwisata
  2. Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat
  3. Gubernur Provinsi Banten
  4. Walikota dan Bupati se- Banten
  5. Tazbir, SH, M.Hum (asisten Deputi Menteri Pariwisata, Pengembangan Segmen Pasar Bisnis dan Pemerintah Kementerian Pariwisata RI)
  6. Adiwarman Azwar Karim, MBA, MAEP (Akademisi dan Praktisi Ekonomi Syariah)
  7. Riyanto Sofyan, B.Sc, MBA (Ketua Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Halal, Kementerian Pariwisata RI)
  8. Ida Irawati (Tim Pokja Destinasi Pariwisata Prioritas KEK Tanjung Lesung)
  9. Hj. Eneng Nurcahyati (Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten)

 

Pameran Multi Produk, Bazzar Kuliner dan Perlombaan

Adapun Pameran dan beberapa perlombaan yang diadakan adalah

  1. Pameran Multi-Produk dan Kuliner Halal (52 Stand Multi-Produk dan 102 Stand Kuliner Halalan Toyyiban)
  2. Halal Cooking Competiton
  3. Duta Wisata Halal Banten 2017
  4. Lomba Menulis Wisata Halal Banten 2017
  5. Lomba Menggambar Design Wisata Halal Banten 2017
  6. Marawis & Qosidah Competition (Halal Art)
  7. Hiburan dan Konser
  8. Festival ini akan dihadiri oleh Artis Nasional

 

Audience dan Peserta

Kegiatan Festival Wisata Halal Banten 2017 ini diharapkan dapat dihadiri oleh beberapa tamu undangan, di antaranya adalah;

EXHIBITOR VISITOR
Kementerian Pariwisata

Pemerintah Provinsi Banten

Pemerintah Kota dan Kabupaten

Perbankan dan Mitra

BUMN

UMKM Binaan BUMN

Mitra Binaan Dinas Pemerintah

Maskapai Penerbangan (Airline)

Biro Perjalanan Haji dan Umrah

Pengusaha Hotel dan Travel

Penyelenggara Kawasan Wisata

Makanan dan Minuman

Telekomunikasi

Pelaku Bisnis dan Investor

BUMN

Dinas Pemerintah Pusat

Dinas Pemerintah Provinsi

Dinas Pemerintah Kota dan Kab.

Pengusaha/Profesional

Masyarakat Umum

Mahasiswa/Pelajar

Komunitas/Asosiasi

Organisasi

Wisatawan Lokal

Wisatawan Mancanegara

 

                                                                                                                                                           

Festival Wisata Halal Banten 2017 ini akan dihadiri sekitar 500 peserta Talk Show sekaligus fasilitator untuk pengurusan Sertifikasi Halal oleh MUI kepada para pengusaha Perbankan, kuliner, hotel, dan travel. Festival Wisata Halal juga akan membuka 52 Stand Multi-Produk dan 102 Stand Kuliner Halalan Toyyiban dengan pengunjung sekitar 10.000 orang dan pengunjung akan langsung masuk stand untuk dapat mengetahui tentang Festival Wisata Halal Banten 2017.

 




 

Download Proposal Festival Wisata Halal Banten 2016 disini

Download Formulir Peserta Bazaar Festival Wisata Halal Banten 2016 disini

[ngg_images source=”galleries” container_ids=”5″ display_type=”photocrati-nextgen_basic_thumbnails” override_thumbnail_settings=”0″ thumbnail_width=”120″ thumbnail_height=”90″ thumbnail_crop=”1″ images_per_page=”20″ number_of_columns=”0″ ajax_pagination=”0″ show_all_in_lightbox=”0″ use_imagebrowser_effect=”0″ show_slideshow_link=”1″ slideshow_link_text=”[Show as slideshow]” template=”default” order_by=”sortorder” order_direction=”ASC” returns=”included” maximum_entity_count=”500″]