Kuliah Umum From Campus To Be an Entreprenur

Alhamdulillah sudah dilaksanakanya kuliah umum JIHAD ENTREPRENEUR yang di hadiri oleh mahasiswa/i perguruan tinggi Islamic village yang pada tanggal : Jum’at, 12 Januari 2018 yang diakan oleh FOSSEI Islamic Village dan dibuka oleh Ketua STES Islamic Village yaitu Ibu Dr. Hj. Dewi Reni, SE., Ak., M.Si., CA. Setelah di buka oleh ibu Dewi Reni acara dimulai dari pembicara Pertama yaitu Ibu Hj. Atiqi Chollisni, SE., MM., P.hD dan dilanjutkan Pembicara selanjutnya Ibu Ayu Tresna, SE., MA.

Dalam materi ini pembicara yaitu Ibu Hj. Atiqi Chollisni, SE., MM., P.hD kewirausahaan merupakan sesuatu hal yang unik. Beliau mengambil kutipan kata-kata ZIMMER, yaitu sukses seorang wirausahawan akan tercapai bila  ia berfikir how to strat your business. Jadi cara awal  untuk memulai suatu bisnis merupakan hal yang sangat penting. Hal yang tidak kalah penting adalah kita senantiasa bersyukur atas apa yang kita miliki saat ini.

Sedangkan materi yang disampaikan oleh Ibu Ayu Tresna, SE., MA menyampaikan kewirausahaan adalah seseorang yang membangun usaha, menemukan produk baru, sesuatu yang inovasi dan menanggung semua resiko. Seseorang entrepreneur harus confidence (percaya diri) terhadap produk yang ia jual. Ada satu prinsip dalam Islam dalam berwirausaha, yaitu sedekah. Dalam Islam sedekah bukan hanya sebagai pembersih harta saja, tetapi juga sebagai pembersih jiwa orang yang bersedekah.

Konsep sedekah juga di bahas dalam buku Ustad Yusuf Mansur yang berjudul “ 7 keajaiban Rezeki”. Lalu untuk dapat melihat perkembangan suatu usaha, minimal usaha tersebut sudah berjalan selama 5 tahun. Jika di bawah 5 tahun usaha tersebut sudah bangkrut, berarti terdapat beberapa kesalahan dalam usahanya, antara lain promosi yang salah, pengemasan produk yang salah, atau bahkan target pasar yang salah sasaran. Jadi faktor-faktor tersebut  harus diperhatikan dalam menjalankan suatu usaha.

Setelah acara pemberian materi dari ibu Hj. Atiqi Chollisni, SE., MM., P.hD dan ibu Trisna acara dilanjutkan oleh FOSSEI untuk memberikan santukan kepada rumah yang di daerang Tangerang.