Press Realease Student Mobility Program STES Islamic Village – USIM

Pada tanggal 4-9 Maret 2019, STES Islamic Village telah melaksanakan program Student Mobility yang bekerja sama dengan USIM (Universiti Sains Islam Malaysia), bertempat di kampus Fakulti Ekonomi Muamalat USIM. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan hardskill dan softskill mahasiswa kedua universitas melalui kegiatan akademik dan pertukaran budaya antara Indonesia dan Malaysia. Selain itu juga bertujuan untuk lebih mengenal kebudayaan Malaysia yang merupakan negara dengan perekonomian Islam terkuat di Asia dan salah satu yang terkuat di dunia.
Program Student Mobility ini sendiri diikuti oleh Delegasi mahasiswa S1 jurusan Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah STES Islamic Village yang berjumlah 10 orang beserta jajaran dosen sedangkan Universiti Sains Islam Malaysia turut melibatkan dosen dan mahasiswa asal fakultas Ekonomi Muamalat (FEM). Program ini merupakan yang kedua kalinya diadakan oleh STES dan USIM. Program Student Mobility pertama kali dilaksanakan pada bulan November 2016. Berbagai kegiatan akademik digelar antara lain class session dan diskusi panel yang membahas tentang Islamic Leadership.
Pada hari pertama, Senin (04/03), dilaksanakan penyambutan delegasi oleh panitia dari FEM USIM. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan taaruf antar mahasiswa. Sesi ini bertujuan agar mahasiswa dapat saling mengenal satu sama lain dan juga mempererat ukhuwah serta memberikan pengetahuan tentang seluk beluk kegiatan perkuliahan dan background kampus masing-masing. Kegiatan selanjutnya adalah bedah kitab di perpustakaan USIM dengan mengusung tema “How to be Successful in Business”.
Kegiatan pada hari kedua, Selasa (05/03), penyampaian materi kepada peserta dengan tema ‘Islamic Leadership and Business” yang dilanjutkan dengan diskusi panel. Kemudian ditutup dengan interactive game yang berlandaskan muamalat.
Pada hari ketiga, Rabu (06/03), mahasiswa melakukan kunjungan ke Bank Negara Malaysia (BNM) kemudian dilanjutkan dengan sesi sharing knowledge.
Pada Kamis (07/03), mahasiswa melakukan kunjungan ke beberapa industri menengah yang berlokasi di Nilai, Negeri Sembilan Malaysia. Beberapa di antaranya adalah Muslim Chocolate Factory dan Thoyyib Pharma Sdn. Bhd. Dalam kegiatan industrial visit ini, mahasiswa diminta melakukan mini research tentang sistem manajemen keuangan pada masing-masing industri.
Pada hari, Jumat (08/09), upacara penutup dari Koordinator Program dan Direktur Program Fakulti Ekonomi Muamalat USIM secara resmi. Kemudian sore harinya mahasiswa melakukan aktivitas bersepeda mengelilingi kampus USIM, dilanjutkan dengan menyaksikan upacara pembukaan Sukan Antar Fakulti (SUFA).
Program ini ditutup dengan malam seni dan budaya dimana mahasiswa STES Islamic Village menyuguhkan tarian tradisional dari Jawa Barat dan Papua. Kemudian dilanjutkan dengan acara “Backyard Barbeque”
Uniknya, selama tinggal di Malaysia, delegasi Indonesia menginap di asrama kampus USIM. Melalui program Student Mobility ini diharapkan mahasiswa dapat meleburkan diri dan memahami budaya masing-masing negara secara langsung.
“Moment seperti ini adalah yang saya nantikan selama duduk di bangku kuliah STES Isvil. Selain kami belajar tentang kebudayaan Malaysia, kami juga dapat memperluas networking. We had good times. So it was so fascinating lah” ungkap Aflah Imtiyaz salah satu delegasi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *