Seberapa Besar Potensi Perbankan Syariah di Indonesia?

Di Indonesia, perbankan syariah tumbuh positif.

Kinerja perbankan syariah tumbuh setiap periode. Tidak hanya itu, performa perbankan ini pun juga positif dalam mengelola keuangan nasabah.

Berbicara perbankan syariah, bagaimana sebenarnya potensi sektor perbankan ini di Indonesia? Jawabnya, cukup besar.

Wholesale Banking Director Bank Syariah Mandiri, Kusman Yandi, mengatakan ada tiga potensi yang bisa mendongkrak pertumbuhan perbankan syariah.

Pertama, jumlah penduduk Muslim di Indonesia paling banyak di dunia. “ Indonesia memiliki populasi Muslim terbesar di dunia, yang mewakili 10,7 persen populasi Muslim di dunia,” kata Yandi di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Kamis 26 Januari 2017.

Ke dua adalah Indonesia berada pada posisi yang cukup kondusif dalam industri keuangan syariah. “ Indonesia saat ini berada di urutan ke tujuh sebagai negara yang kondusif untuk industri keuangan syariah,” kata dia.

Yandi mengatakan, potensi ke tiga adalah dukungan dari pemerintah. Salah satunya adalah dana haji harus dibayar lewat bank syariah—ini juga turut menjadi pemicu perbankan syariah.

Meskipun ada beberapa potensi yang bisa mengerek kinerja perbankan syariah, Yandi mengatakan ada tantangan yang harus dihadapi oleh perbankan syariah, yaitu kerja sama yang sinergi dari setiap pemangku kepentingan. Selain itu, perbankan syariah juga terhambat masalah modal.

“ Tantangan utama perbankan syariah, yakni modal dan skala industri, cost of fund yang tinggi, serta kuantitas dan kualitas layanan SDM yang belum memadai,” kata dia.

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *